Rabu, 13 Juli 2016

Kita dan Smart Phone

Oleh: Wahyudi

Waktu senggang biasa penulis gunakan untuk menulis, menulis apa saja. Tapi tentu dengan tetap selektif dalam memilih tema yang bermanfaat dan biasanya yang sedang menjadi persoalan penting bagi masyarakat. Kali ini penulis memilih di salah satu mall di Kota Cirebon sebagai tempat aktivitas menulis, di sebuah café yang bersandingkan kopi susu hangat serta ditemani sejumlah Koran, buku dan plus laptop. Dengan tempat yang nyaman dan sejuk berharap bisa membantu datangnya inspirasi dan kenyamanan dalam menulis. Menulis memang pekerjaan yang bisa dilakukan dimana saja, sesuka kita. Tiada waktu "nanggur" bagi kita yang suka menulis (penulis). Apalagi di abad 21 ini dimana kita hidup serba mudah dan cepat dengan dibantu alat teknologi komunikasi seperti smart phone yang bisa membantu segala pekerjaan tulis-menulis.

Dengan teknologi komunikasi ini segalanya bisa cepat dan mudah. Sangat membantu mobilitas kita dalam menjalin kerja dengan banyak orang rekanan kita dengan murah dan cepat. Saya pribadi adalah orang yang memiliki hampir semua akun di media sosial popular: seperti di fecebook, twitter, intagram, linked-in, bb dan terakhir blog pribadi. Akun-akun medsos ini sengaja saya buat demi memudahkan aktivitas komunikasi dan tentu sangat membantu kita dalam bekerja. 

Bayangkan sekarang ini kehidupan kita tidak lepas dari smart phone, semua orang atau setiap unit keluarga Indonesia saat ini nyaris memiliki smart phone dan motor. Ini adalah fenomena revolusi besar kita yang tentu sangat berpengaruh dalam perubahan besar ekonomi, sosial dan budaya. Sehingga wajar jika saat ini para pengguna internet sebagai pasar baru yang potensial dan menjanjikan. Atas fenomena ini pula banyak bermunculan jual-beli online. Anda pasti tau fenomena go-jek, grib dan lainnya yang menawarkan ojek online dan masih banyak lagi dalam bidang asuransi, hotel, obat-obatan, barang bekas dan lainnya. Ya, inilah sisi positif teknologi komunikasi itu, jika kita ambil manfaatnya ternyata mampu menjadi solusi persoalan kontemporer.

Teknologi komunikasi, smart phone, motor yang saat ini sudah dalam genggaman setiap unit keluarga Indonesia adalah bagaikan sebuah viral pasar potensial bagi orang mudah yang pintar dalam melihat peluang. Masa depan manusia bisa jadi nanti akan serba online. Teman saya wartawan bilang bahwa adanya kemungkinan besar semua Koran cetak akan beralih ke terbitan edisi digital online.

Banyak Koran dunia saat ini gulung tikar satu per satu dengan pasti akibat minimnya modal financial serta dampak besar perkembangan tekonoki informasi dan komunikasi yang kedatangannya tak bisa terhindarkan. Sebut saja sejumlah media cetak berkelas dunia asal AS yang telah tumbang seperti The Rocky Mountains dan The Washington Post. Sejumlah Koran cetak di Indonesia yang merupakan negera berkembang juga tak ketinggalan mengikuti jejak The Rocky Mountains dan The Washington Post yang telah tumbang.

Sebut saja yang terakhir adalah Koran Tempo Minggu dan Sinar Harapan yang resmi ti­dak terbit per 1 Januari 2016. Mengapa demikian? Alasannya sederhana. Anda pasti tau, dulu kita kalau bangun tidur dengan ditemani sejuknya pagi pasti setiap orang langsung menikmati hangatnya kopi sambil membuka setiap lembaran Koran yang menyajikan berita actual. Namun dunia berubah, kebiasaan bangun tidu seperti itu telah tergantikan dengan adanya smart phone. Jika dulu di pagi hari orang menikati kopi sambil baca Koran, tapi justru sekarng beda. Bangun tidur setiap kita sudah langsung membuka jendela internet memlalui smart phone ataupun leptop dengan lebih udah dan sesuka hati kita menjelajah dan memperoleh banyak informasi. Inilah alasannya.
 
Alasan mengapa orang lebih memilih smart phone ketimbang Koran edisi cetak? Setidaknya bagi genarsi baru. Tumbangnya Koran di sejumlah negara maju juga terjadi karena fenomena semakin banyaknya orang beralih ke media elektronik televisi dan internet yang dirasa lebih efektif dan efisien. Untuk mengetahui berita-berita terbaru, hampir setiap jam dan menit televisi-televisi nasional dan portal berita online menyajikan breaking news dengan acara-acara hiburan yang kian menarik.
Demikian juga melalui mbah Google, segala berita dan artikel yang kita butuhkan untuk berbagai kebutuhan bisa langsung diakses secara cepat, murah dan mudah dengan jangkauan pembaca yang lebih besar dan luas. Apapun jenis artikel di berbagai bidang dari politik, ekonomi, seni, budaya, entertainment dan lain-lain, kesemuanya juga bisa diakses dengan mudah lewat internet.

Lain informasi, untuk mencari motor bekas misalnya, barang-barang antik, jasa antar jemput, obat-obatan, sewa hotel, sewa mobil, biro jodoh dan bahkan dokter online dengan cepat bisa diakses melalui internet, tanpa harus bersusah-payah kita melototi  iklan-iklan baris yang kecil-kecil itu di media cetak. Inilah perubahan besar di abad 21. Adalah sebuah revolusi industri ke empat: ekonomi kreatif berupa era teknologi digital.
Memang, perubahan besar me­lingkupi dunia memasuki awal abad 20 ini. 

Berkat kemajuan transportasi dan ko­munikasi yang begitu pesat berdam­pak luas dan massif bagi kehidupan umat manusia kontemporer. Yang nyata semua orang menjadi semakin dekat, bisa saling mengenal dan mengetahui kabar satu dengan yang lainnya dengan mudah. Untuk mengetahui apa yang terjadi yang ada di inggris dan belahan dunia manapun cukup dengan kita dikamar. Peristiwa-peristiwa yang terjadi di negara yang satu pun langsung bisa diakses di negara-negara lain, baik lewat tayangan media elektronik televisi maupun internet.

Catatan, Juli 2016.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar